SILABUS FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM (Revised 2024)



A. Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji konsep-konsep dasar pendidikan dengan pendekatan paradigma filsafat teoantropoekosentris (Ilahiyah-Insaniyah-Kauniyah paradigm) dengan bahasan mencakup: (a) pengertian, sumber, objek, ruang lingkup, dan tujuan filsafat pendidikan Islam, (b) konsep manusia, masyarakat, alam semesta, dan ilmu pengetahuan perspektif filsafat teoantropoekosentris, (c) unsur-unsur dasar pendidikan Islam dan (c) aspek manajemen dan institusi pendidikan Islam.

B. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dasar filsafat pendidikan Islam dan mampu menginterpretasikanya secara analitik dan reflektif dalam penyusunan dan pengembangan konsepsi dan praktik pendidikan Islam pada tingkat permulaan sebagai bagian dari upaya progresif peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan Islam.

 

C. Materi dan Uraian Materi Perkuliahan

No

Materi

Sub Materi

Out Put dan Out Come

1

Pengantar ke Filsafat Islam dan Filsafat Pendidikan Islam (FPI)

-Pengertian FPI

-Sumber kajian

-Objek kajian

-Ruang lingkup kajian

-Tujuan FPI

 

2

Tauhid sebagai Asas Paradigmatif Pendidikan

-Pendahuluan

-Makna tauhid 

-Deduksi-interpretif konsep tauhid dalam memahami pendidikan

-Tauhid sebagai asas paradigmatif Pendidikan Islam

-Penutup

Makalah dan Artikel book chapter

3

Hakikat Manusia Perspektif FPI

-Pendahuluan

-Konsep manusia dalam Al-Qur`an: an-nas, al-basyar, al-insan dan bani adam

-Dimensi-dimensi psikis manusia: ar-ruh, al-‘aql, an-nafs, dan al-qalb

-'Abd dan khalifah: Tujuan, fungsi dan tugas pokok penciptaan manusia

-Konsep fitrah dan pengembangan pendidikan

-Penutup

Makalah dan Artikel book chapter

4

Hakikat Masyarakat Perspektif FPI

-Pendahuluan

-Makna ummatan muslimatan, ummatan wasathan, ummatan wahidatan dan khairu ummah 

-Perspektif Al-Qur`an tentang pembentukan masyarakat ideal (utama)

-Tanggung jawab masyarakat khairu ummah: Humanisasi, liberasi dan transendensi

-Penutup

 Makalah dan Artikel book chapter

5

Hakikat Wujud dan Hakikat Alam Semesta Perspektif FPI

-Pendahuluan

-Pengertian wujud dan alam semesta 

-Perspektif filsafat Islam tentang metafisika penciptaan

-Stratifikasi wujud

-Tujuan penciptaan alam semesta

-Penutup

 Makalah dan Artikel book chapter

6

Hakikat Ilmu Perspektif FPI

-Pendahuluan

-Pengertian 'ilm, knowledge dan science

-Sumber ilmu: indra, akal dan hati

-Objek Ilmu: Ayat qauliyah, insaniyah dan kauniyah

-Ma'rifatullah: Tujuan akhir pencarian ilmu

-Penutup

 Makalah dan Artikel book chapter

7

Makna Tujuan Pendidikan Perspektif FPI

-Pendahuluan

-Pengertian at-ta’lim, at-ta`dib, dan at-tarbiyah

-Bimbingan Al-Qur`an dan Sunnah dalam perumusan tujuan pendidikan Islam

-Analisis  pendapat ahli tentang  tujuan pendidikan Islam

-Refleksi penulis tentang rumusan tujuan pendidikan Islam 

-Penutup

Makalah dan Artikel book chapter

8

Ujian Tengah Semester

 

 

9

Hakikat Pendidik Perspektif FPI

-Pendahuluan

-Pengertian mu’allim, mua`ddib, dan murabbi

-Perspektif Al-Qur`an dan Sunnah tentang mendidik

-Karakteristik pendidik  Muslim

-Kepuasan ruhaniah pendidik Muslim

-Penutup

Makalah dan Artikel book chapter

10

Hakikat Peserta Didik Perspektif FPI

-Pendahuluan

-Pengertian peserta didik

-Potensi-potensi psikis peserta didik: jismiyahruhiyah, fikriyah, dan nafsiyah 

-Arah pengembangan kualitas kepribadian peserta didik: muslim, mukmin, muttaqin, mushlih, muflih, dan muhsin

-Insan kamil: Puncak perkembangan peserta didik

-Penutup

Makalah dan Artikel book chapter

11

Makna dan Hakikat kurikulum pendidikan Islam

-Pendahuluan

-Pengertian Kurikulum

- Pokok-pokok qur`anic world view tentang kurikulum

-Asas dan komponen kurikulum

-Isi kurikulum pendidikan Islam: al-'Ulum ad-Diniyah, al-'ulum al-insaniyah dan al-'ulum al-kauniyah.

-Integrasi kurikulum perspektif Paradigma Teoantropoekosentris

-Penutup

Makalah dan Artikel book chapter

12

Makna metode dan strategi pembelajaran dalam pendidikan Islam

-Pendahuluan

-Pengertian

- Pokok-pokok qur`anic world view tentang metode dan strategi pendidikan

-Karakteristik metode dan strategi pembelajaran dalam pendidikan Islam

-Metode-metode dan strategi pembelajaran modern-kontemporer perspektif FPI

-Penutup

 Makalah dan Artikel book chapter

13

Makna evaluasi dalam pendidikan Islam

-Pendahuluan

-Pengertian

-Pokok-pokok qur`anic world view tentang evaluasi pendidikan dan evaluasi pembelajaran

-Tujuan, aspek dan sistem evaluasi pembelajaran perspektif FPI

-Penutup

 Makalah dan Artikel book chapter

14

Makna Institusi Pendidikan Islam

-Pendahuluan

-Pengertian

-Filosofi pengembangan institusi pendidikan Islam

-Hirarki institusi pendidikan Islam

-Pokok-pokok pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas, Harun Nasution, M. Amin Abdullah dan Imam Suprayogo tentang institusi pendidikan Islam

-Penutup

Makalah dan artikel book chapter

15

Makna manajemen pendidikan Islam dan pengembangannya perspektif FPI

-Pendahuluan

-Pengertian manajemen pendidikan

-Pokok-pokok Qur`anic world view  manajemen pendidikan Islam 

-Pemikiran tentang pengembangan manajemen pendidikan Islam modern-kontemporer

-Penutup

 Makalah dan Artikel book chapter

16

Ujian Akhir Semester

 

 


D. Syarat Makalah:

  1.       .   Makalah diketik rapi menggunakan huruf Times New Roman font 12 pada kertas A-4.
  2.  Sistimatika makalah: Pendahuluan, isi (satu atau lebih sub pembahasan), penutup, dan kepustakaan.
  3.       .   Ketebalan makalah minimal 13 halaman dan makasimal 20 halaman dengan jarak baris 1,5 spasi.
  4.       .   Pengetikan: Margin kiri 4, atas 3, kanan 3 dan bawah 3 (pola 4-3-3-3).
  5.      .    Makalah menggunakan foot note dan Kepustakaan.
  6.      .    Sumber tulisan adalah buku dan atau jurnal ilmiah (cetak dan atau online).
  7. Makalah memiliki halaman sampul yang tertata rapi dan indah yang berisi logo UIN, judul makalah, nama dan NIM penulis, nama dosen pembimbing dan nama program studi, fakultas, universitas, dan tahun akademik.
  8. Makalah diserahkan kepada dosen dan mahasiswa dalam bentuk soft file.
  9. Makalah dikirim ke: link google drive (disampaikan saat perkuliahan)
E. Tugas Mandiri
1. Riviu buku/jurnal yang berkaitan dengan kajian Filsafat Pendidikan Islam.
2. Riset mini tentang perspektif guru PAI di suatu madrasah atau sekolah tentang integrasi agama dan sains. 

F. Penilaian
Penilaian mengikuti plat form penilaian Siakad yang didasarkan kepada Buku Panduan Akademik tahun  berkenaan. Indikator penilaian yaitu nilai sikap (10%), nilai tugas terstruktur (15%), nilai tugas mandiri (15%), Ujian Tengah Semester (25%), dan Ujian Akhir Semester (35%).

G. Ketentuan Kehadiran
Mahasiswa wajib hadir tatap muka perkuliahan dengan dosen minimal 75% yang dibuktikan dengan presensi Siakad. Absen karena alasan penting dapat diinput dengan status hadir.

H. Kepustakaan

1.  Literatur wajib

Abdullah, Abdul Rahman Salih.  Educational Theory: A Qur’anic Outlook , Makkah: Umm al-Qurra University, 1982.

Abud, Abdul Ghani.  Fi al-Tarbiyah al-Islam,Mesir: Dar al-Fikr, 1977.

al-`Ainani, Ali Khalil Abu. Falsafah al-Tarbiyah al-Islamiyah fi al-Qur’an al -Karim,Mesir: Dar al-Fikr al-`Arabi, 1980.

al-Abrasyi, M. Athiyah. al-Tarbiyah al-Islamiyah wa Falasifatuha, Mesir: `Isa al-Babi al-Halabi,1969.

al-Attas, S.M. al-Naquib.  Aims and Objectives of Islamic Education, Jeddah: King Abdul Aziz University, 1979.

al-Attas, S.M. al-Naquib. Konsep Pendidikan Dalam Islam,  Terj. Haidar Bagir, Bandung. Mizan,1990.

Al-Faruqi , Isma`il Raji.  Islamisasi Pengetahuan, Bandung: Pustaka, 1984.

Ali Nurdin. Qur’anic Society: Menelusuri Konsep Masyarakat Ideal dalam al-Qur’an, Jakarta: Erlangga, 2006.

Anhar. Paradigma Integrasi Keilmuan Teoantropoekosentris. Bojonegoro-Malang, Madza Media, 2024.

al-Jamaly, Muhammad Fadhil. Filsafat Pendidikan dalam al-Qur’an,Terj. A.S. Zamakhsyari, Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 1995.

al-Nahlawi, Abdurrahman. Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam, Bandung: Diponegoro,1992.

Al Rasyidin. Falsafah Pendidikan Islami: Membangun Kerangka Ontologi, Epistimologi, dan Aksiologi Praktik Pendidikan, Bandung: Citapustaka Media, 2008.

al-Syaibany, Omar M. al-Thoumy. Falsafah al-Tarbiyah al-Islamiyah, Bairut-Libanon: Dar al-Tarbiyah, 1975.

Amien, Miska Muhammad.  Epistimologi Islam: Pengantar Filsafat Pengetahuan Islam,

Jakarta:UI Perss, 1983.

Bagir, Zainal Abidin et. al.  Integrasi Ilmu dan Agama; Interpretasi dan Aksi, Bandung: Mizan, 2005.

Iqbal, M. Pembangunan Kembali Alam Pikiran Islam. Terj. Osman Raliby. Jakartta. Bulan Bintang, 1987.

Kartanegara, Mulyadhi.  Integrasi Ilmu: Sebuah Rekonstruksi Holistik, Bandung: Arasy, 2005.

Kuntowijoyo.  Islam Sebagai Ilmu: Epistimologi, Metodologi, dan Etika, Bandung: Mizan, 2004.

Louay, Safi. The Foundation of Knowledge: A Comparative Study in Islamic and Western Methods of Inquiry,  Malaysia: International Islamic University Malaysia and InternationalInstitute of Islamic Thought, 1996.

Maskawaih, Ibn.  Menuju Kesempurnaan Akhlâq,  Bandung: Mizan, 1994.

Muhaimin dan Abd. Mujib. Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: Trigenda Karya, 1993.

Nata,  Abuddin, Filsafat Pendidikan Islam,  Jakarta: Logos, 1997.

Rahman, Fazlur.  Islam and Modernity: Transformation of an Intellectual Tradition,  Chicago: TheUniversity of Chicago Perss, 1982.

Tafsir, Ahmad. Filsafat Pendidikan Islami: Integrasi Jasmani, Rohani, dan Kalbu Memanusiakan Manusia, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006.

Umdirah, Abdurrahman.  Metode Alqur’an dalam Pendidikan, Surabaya: Mutiara Ilmu. t.t.

Wan Daud, Wan Mohd. Nor. Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam. Bandung: Mizan,  2003.

Yaljan, Miqdad. Tarbiyah al-Akhlâq al-Islamiyah, Mesir: Maktabah al-Khanajiy, 1977.

 

2.  Literatur Anjuran

Alatas, Ismail Fajrie. Risalah Konsep Ilmu dalam Islam: Sebuah Tinjauan Ihsani, Jakarta: Diwan, 2006.

Al Rasyidin. Percikan Pemikiran Pendidikan: dari Filsafat sampai Praktik, Bandung: Citapustaka  Media, 2009.

Arifin, M. Filsafat Pendidikan Islam,  Jakarta: Bina Aksara, 1987.

Fahmi, Asma Hasan. Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam,  Terj. Ibrahim Husein, Jakarta: Bulan Bintang, 1979.

Jalaluddin dan Usman Said. Filsafat Pendidikan Islam: Konsep dan PerkembanganPemikirannya,  Jakarta: Raja Grafindo Perkasa, 1994.

Jalaluddin. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Rajawali, 1996.

Muhaimin. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Quthb, Muhammad.  Manhaj al-Tarbiyah al-Islamiyah, Bairut: Dar al-Syuruq, 1983.

Titus, Harold  H. et. al. Persoalan-Persoalan Filsafat,  Alih bahasa H.M. Rasjidi, Jakarta: Bulan Bintang, 1984.

 

Kampus IAIN P. Sidimpuan, 19 Agustus 2021

Kampus UIN Syahada Padangsidimpuan, 09 September 2022

Kampus UIN Syahada Padangsidimpuan, 09 September 2024


Dosen ybs.,

          Dr. Anhar, M.A.

Catatan:
Silabus ini mulanya berasal dari silabus Perkuliahan Filsafat Pendidikan Islam yang ditulis oleh Dr. Ja'far, M.A., saat beliau menjadi dosen UIN Sumatera Utara pada 2015. Penulisannya menurut beliau merujuk kepada silabus yang dirancang oleh Prof. Dr. Alrasyidin, M.Ag. Selanjutnya atas izin Dr. Ja'far, M.A., saya melakukan beberapa perubahan untuk menyahuti kebutuhan mahasiswa di UIN Syahada Padangsidimpuan. 

(Ditulis pertama kali pada 19 September 2021. Revisi pertama 09 September 2022. Revisi kedua 09 September 2024)










0 comments: