SILABUS FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM (Revised 2024)
A. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini mengkaji konsep-konsep dasar pendidikan dengan pendekatan paradigma filsafat teoantropoekosentris (Ilahiyah-Insaniyah-Kauniyah paradigm) dengan bahasan mencakup: (a) pengertian, sumber, objek, ruang lingkup, dan tujuan filsafat pendidikan Islam, (b) konsep manusia, masyarakat, alam semesta, dan ilmu pengetahuan perspektif filsafat teoantropoekosentris, (c) unsur-unsur dasar pendidikan Islam dan (c) aspek manajemen dan institusi pendidikan Islam.
B. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dasar filsafat pendidikan Islam dan mampu menginterpretasikanya secara analitik dan reflektif dalam penyusunan dan pengembangan konsepsi dan praktik pendidikan Islam pada tingkat permulaan sebagai bagian dari upaya progresif peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan Islam.
C. Materi dan Uraian Materi Perkuliahan
No |
Materi |
Sub Materi |
Out Put dan Out Come |
1 |
Pengantar ke Filsafat Islam dan Filsafat Pendidikan Islam (FPI) |
-Pengertian FPI -Sumber kajian -Objek kajian -Ruang lingkup kajian -Tujuan FPI |
|
2 |
Tauhid sebagai Asas Paradigmatif Pendidikan |
-Pendahuluan -Makna tauhid -Deduksi-interpretif konsep tauhid dalam memahami pendidikan -Tauhid sebagai asas paradigmatif Pendidikan Islam -Penutup |
Makalah dan Artikel book chapter |
3 |
Hakikat Manusia Perspektif FPI |
-Pendahuluan -Konsep manusia dalam Al-Qur`an: an-nas, al-basyar, al-insan dan bani adam -Dimensi-dimensi psikis manusia: ar-ruh,
al-‘aql, an-nafs, dan al-qalb -'Abd dan khalifah: Tujuan, fungsi dan tugas pokok penciptaan manusia -Konsep fitrah dan pengembangan pendidikan -Penutup |
Makalah dan Artikel book chapter |
4 |
Hakikat Masyarakat |
-Pendahuluan -Makna ummatan muslimatan, ummatan wasathan, ummatan wahidatan dan khairu ummah -Perspektif Al-Qur`an tentang pembentukan masyarakat ideal (utama) -Tanggung jawab masyarakat khairu ummah: Humanisasi, liberasi dan transendensi -Penutup |
Makalah dan Artikel book chapter |
5 |
Hakikat Wujud dan Hakikat Alam Semesta |
-Pendahuluan -Pengertian wujud dan alam semesta -Perspektif filsafat Islam tentang metafisika penciptaan -Stratifikasi wujud -Tujuan penciptaan alam semesta -Penutup |
Makalah dan Artikel book chapter |
6 |
Hakikat Ilmu |
-Pendahuluan -Pengertian 'ilm, knowledge dan science -Sumber ilmu: indra, akal dan hati -Objek Ilmu: Ayat qauliyah, insaniyah dan kauniyah -Ma'rifatullah: Tujuan akhir pencarian ilmu -Penutup |
Makalah dan Artikel book chapter |
7 |
Makna Tujuan Pendidikan Perspektif FPI |
-Pendahuluan -Pengertian at-ta’lim, at-ta`dib, dan
at-tarbiyah -Bimbingan Al-Qur`an dan Sunnah dalam perumusan tujuan pendidikan Islam -Analisis pendapat ahli tentang tujuan pendidikan Islam -Refleksi penulis tentang rumusan tujuan pendidikan Islam -Penutup |
Makalah dan Artikel book chapter |
8 |
Ujian Tengah Semester |
|
|
9 |
Hakikat Pendidik |
-Pendahuluan -Pengertian mu’allim, mua`ddib, dan murabbi -Perspektif Al-Qur`an dan Sunnah tentang mendidik -Karakteristik pendidik Muslim -Kepuasan ruhaniah pendidik Muslim -Penutup |
Makalah dan Artikel book chapter |
10 |
Hakikat Peserta Didik |
-Pendahuluan -Pengertian peserta didik -Potensi-potensi psikis peserta didik: jismiyah, ruhiyah, fikriyah, dan nafsiyah -Arah pengembangan kualitas kepribadian peserta didik: muslim, mukmin, muttaqin, mushlih, muflih, dan muhsin -Insan kamil: Puncak perkembangan peserta didik -Penutup |
Makalah dan Artikel book chapter |
11 |
Makna dan Hakikat kurikulum pendidikan Islam |
-Pendahuluan -Pengertian Kurikulum - Pokok-pokok qur`anic world view tentang kurikulum -Asas dan komponen kurikulum -Isi kurikulum pendidikan Islam: al-'Ulum ad-Diniyah, al-'ulum al-insaniyah dan al-'ulum al-kauniyah. -Integrasi kurikulum perspektif Paradigma Teoantropoekosentris -Penutup |
Makalah dan Artikel book chapter |
12 |
Makna metode dan strategi pembelajaran dalam pendidikan Islam |
-Pendahuluan -Pengertian - Pokok-pokok qur`anic world view tentang metode dan strategi pendidikan -Karakteristik metode dan strategi pembelajaran dalam pendidikan Islam -Metode-metode dan strategi pembelajaran modern-kontemporer perspektif FPI -Penutup |
Makalah dan Artikel book chapter |
13 |
Makna evaluasi dalam pendidikan Islam |
-Pendahuluan -Pengertian -Pokok-pokok qur`anic world view tentang evaluasi pendidikan dan evaluasi pembelajaran -Tujuan, aspek dan sistem evaluasi pembelajaran perspektif FPI -Penutup | Makalah dan Artikel book chapter |
14 |
Makna Institusi Pendidikan Islam |
-Pendahuluan -Pengertian -Filosofi pengembangan institusi pendidikan Islam -Hirarki institusi pendidikan Islam -Pokok-pokok pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas, Harun Nasution, M. Amin Abdullah dan Imam Suprayogo tentang institusi pendidikan Islam -Penutup |
Makalah dan artikel book chapter |
15 |
Makna manajemen pendidikan Islam dan pengembangannya perspektif FPI |
-Pendahuluan -Pengertian manajemen pendidikan -Pokok-pokok Qur`anic world view manajemen pendidikan Islam -Pemikiran tentang pengembangan manajemen pendidikan Islam modern-kontemporer -Penutup |
Makalah dan Artikel book chapter |
16 |
Ujian Akhir Semester |
|
|
D. Syarat Makalah:
- . Makalah diketik rapi menggunakan huruf Times New Roman font 12 pada kertas A-4.
- Sistimatika makalah: Pendahuluan, isi (satu atau lebih sub pembahasan), penutup, dan kepustakaan.
- . Ketebalan makalah minimal 13 halaman dan makasimal 20 halaman dengan jarak baris 1,5 spasi.
- . Pengetikan: Margin kiri 4, atas 3, kanan 3 dan bawah 3 (pola 4-3-3-3).
- . Makalah menggunakan foot note dan Kepustakaan.
- . Sumber tulisan adalah buku dan atau jurnal ilmiah (cetak dan atau online).
- Makalah memiliki halaman sampul yang tertata rapi dan indah yang berisi logo UIN, judul makalah, nama dan NIM penulis, nama dosen pembimbing dan nama program studi, fakultas, universitas, dan tahun akademik.
- Makalah diserahkan kepada dosen dan mahasiswa dalam bentuk soft file.
- Makalah dikirim ke: link google drive (disampaikan saat perkuliahan)
1. Riviu buku/jurnal yang berkaitan dengan kajian Filsafat Pendidikan Islam.
2. Riset mini tentang perspektif guru PAI di suatu madrasah atau sekolah tentang integrasi agama dan sains.
H. Kepustakaan
1. Literatur wajib
Abdullah, Abdul
Rahman Salih. Educational Theory: A Qur’anic Outlook , Makkah: Umm al-Qurra
University, 1982.
Abud, Abdul Ghani. Fi al-Tarbiyah al-Islam,Mesir: Dar al-Fikr,
1977.
al-`Ainani, Ali
Khalil Abu. Falsafah al-Tarbiyah al-Islamiyah fi al-Qur’an
al -Karim,Mesir: Dar al-Fikr al-`Arabi, 1980.
al-Abrasyi, M. Athiyah. al-Tarbiyah
al-Islamiyah wa Falasifatuha, Mesir: `Isa al-Babi al-Halabi,1969.
al-Attas, S.M.
al-Naquib. Aims and Objectives of Islamic Education, Jeddah:
King Abdul Aziz University, 1979.
al-Attas, S.M. al-Naquib. Konsep
Pendidikan Dalam Islam, Terj. Haidar Bagir, Bandung. Mizan,1990.
Al-Faruqi , Isma`il Raji. Islamisasi
Pengetahuan, Bandung: Pustaka, 1984.
Ali Nurdin. Qur’anic Society:
Menelusuri Konsep Masyarakat Ideal dalam al-Qur’an, Jakarta: Erlangga,
2006.
Anhar. Paradigma Integrasi Keilmuan Teoantropoekosentris. Bojonegoro-Malang, Madza Media, 2024.
al-Jamaly, Muhammad Fadhil. Filsafat
Pendidikan dalam al-Qur’an,Terj. A.S. Zamakhsyari, Jakarta: Pustaka
al-Kautsar, 1995.
al-Nahlawi, Abdurrahman. Prinsip-Prinsip
dan Metode Pendidikan Islam, Bandung: Diponegoro,1992.
Al Rasyidin. Falsafah Pendidikan
Islami: Membangun Kerangka Ontologi, Epistimologi, dan Aksiologi Praktik
Pendidikan, Bandung: Citapustaka Media, 2008.
al-Syaibany, Omar M. al-Thoumy. Falsafah
al-Tarbiyah al-Islamiyah, Bairut-Libanon: Dar al-Tarbiyah, 1975.
Amien, Miska
Muhammad. Epistimologi Islam: Pengantar Filsafat Pengetahuan
Islam,
Jakarta:UI Perss, 1983.
Bagir, Zainal Abidin
et. al. Integrasi Ilmu dan Agama; Interpretasi dan Aksi,
Bandung: Mizan, 2005.
Iqbal, M. Pembangunan Kembali Alam
Pikiran Islam. Terj. Osman Raliby.
Jakartta. Bulan Bintang, 1987.
Kartanegara, Mulyadhi. Integrasi
Ilmu: Sebuah Rekonstruksi Holistik, Bandung: Arasy, 2005.
Kuntowijoyo. Islam Sebagai
Ilmu: Epistimologi, Metodologi, dan Etika, Bandung:
Mizan, 2004.
Louay, Safi. The Foundation of
Knowledge: A Comparative Study in Islamic and
Western Methods of Inquiry, Malaysia:
International Islamic University Malaysia and InternationalInstitute of Islamic
Thought, 1996.
Maskawaih, Ibn. Menuju
Kesempurnaan Akhlâq, Bandung:
Mizan, 1994.
Muhaimin dan Abd.
Mujib. Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: Trigenda Karya, 1993.
Nata, Abuddin, Filsafat Pendidikan
Islam, Jakarta: Logos, 1997.
Rahman, Fazlur. Islam and
Modernity: Transformation of an Intellectual Tradition, Chicago: TheUniversity of Chicago
Perss, 1982.
Tafsir, Ahmad. Filsafat Pendidikan
Islami: Integrasi Jasmani, Rohani, dan Kalbu Memanusiakan Manusia, Bandung:
PT Remaja Rosdakarya, 2006.
Umdirah, Abdurrahman. Metode
Alqur’an dalam Pendidikan, Surabaya: Mutiara Ilmu. t.t.
Wan Daud, Wan Mohd. Nor. Filsafat dan
Praktik Pendidikan Islam. Bandung:
Mizan, 2003.
Yaljan, Miqdad. Tarbiyah al-Akhlâq
al-Islamiyah, Mesir: Maktabah al-Khanajiy, 1977.
2. Literatur Anjuran
Alatas, Ismail Fajrie. Risalah Konsep
Ilmu dalam Islam: Sebuah Tinjauan Ihsani, Jakarta: Diwan, 2006.
Al Rasyidin. Percikan Pemikiran
Pendidikan: dari Filsafat sampai Praktik, Bandung: Citapustaka Media, 2009.
Arifin, M. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta:
Bina Aksara, 1987.
Fahmi, Asma Hasan. Sejarah dan Filsafat
Pendidikan Islam, Terj. Ibrahim Husein, Jakarta: Bulan Bintang, 1979.
Jalaluddin dan Usman
Said. Filsafat Pendidikan Islam: Konsep dan PerkembanganPemikirannya, Jakarta: Raja
Grafindo Perkasa, 1994.
Jalaluddin. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta:
Rajawali, 1996.
Muhaimin. Wacana Pengembangan
Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.
Quthb, Muhammad. Manhaj al-Tarbiyah
al-Islamiyah, Bairut: Dar al-Syuruq, 1983.
Titus, Harold H. et. al. Persoalan-Persoalan Filsafat, Alih bahasa H.M. Rasjidi, Jakarta: Bulan Bintang, 1984.
Kampus IAIN P.
Sidimpuan, 19 Agustus 2021
Kampus UIN Syahada Padangsidimpuan, 09 September 2022
Kampus UIN Syahada Padangsidimpuan, 09 September 2024
Dosen ybs.,
0 comments: